Surat Permohonan Domisili untuk Pak Lurah

Pengertian Surat Permohonan Domisili



Surat permohonan domisili adalah surat yang dibuat oleh seseorang untuk meminta izin tinggal di suatu tempat atau daerah yang baru. Surat ini dibutuhkan ketika seseorang ingin merubah alamat domisili karena alasan tertentu seperti pindah rumah atau pindah tempat kerja. Surat permohonan domisili biasanya ditujukan kepada lurah atau kepala desa setempat.



Cara Membuat Surat Permohonan Domisili untuk Pak Lurah



Berikut ini adalah langkah-langkah cara membuat surat permohonan domisili untuk pak lurah:
1. Buatlah surat dengan format yang benar, yaitu dengan menyebutkan alamat pengirim, alamat penerima, dan tanggal surat.
2. Sertakan kalimat pembuka yang sopan, seperti "Dengan hormat, saya yang bertanda tangan di bawah ini:"
3. Jelaskan alasan mengapa anda memerlukan surat permohonan domisili, seperti pindah rumah atau pindah tempat kerja.
4. Nyatakan alamat lengkap tempat tinggal baru anda lengkap dengan kode pos.
5. Sertakan fotocopy KTP atau kartu keluarga sebagai bukti alamat.
6. Berikan kalimat penutup yang sopan, seperti "Demikianlah surat permohonan domisili ini saya sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya saya ucapkan terima kasih."
7. Jangan lupa menandatangani surat dan mencantumkan tanggal pengiriman.


Contoh Surat Permohonan Domisili untuk Pak Lurah



Berikut ini adalah contoh surat permohonan domisili yang bisa anda gunakan sebagai referensi:
Kepada Yth,
Bapak Lurah Kelurahan Sukabumi
Jalan Raya Sukabumi No. 1
Jakarta Barat
Dengan Hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama : Ahmad
Alamat : Jalan Merdeka No. 12, Jakarta Barat
Pekerjaan : Swasta
Bermaksud mengajukan permohonan untuk membuat surat keterangan domisili yang baru, dengan alasan saya akan pindah tempat tinggal ke alamat baru sebagai berikut:
Jalan Haji Hasan No. 6, Jakarta Barat, Kode Pos 12345
Sebagai bukti alamat saya, saya lampirkan fotocopy KTP dan Kartu Keluarga.
Demikianlah surat permohonan domisili ini saya sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya saya ucapkan terima kasih.
Hormat Saya,
Ahmad
Tanggal Pengiriman: 10 Januari 2023


Kesimpulan



Surat permohonan domisili sangat penting untuk mendapatkan layanan publik dan mempermudah administrasi kehidupan sehari-hari. Dalam membuat surat permohonan domisili, pastikan anda mencantumkan alasan lengkap dan alamat tempat tinggal yang baru serta melampirkan bukti alamat yang sah. Semoga artikel ini membantu anda dalam membuat surat permohonan domisili untuk pak lurah.

close